PGSD UNISAN Gorontalo Utara dan SD Negeri 16 Kwandang Jalin Kerjasama untuk Tingkatkan Pembelajaran Lapangan Mahasiswa

KERJASAMA UMUM

Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan kesiapan para mahasiswa dalam menghadapi dunia pendidikan yang sesungguhnya, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) telah resmi menjalin kerjasama dengan salah satu sekolah dasar terkemuka sebagai tempat pelaksanaan kegiatan pembelajaran langsung di lapangan. Penandatanganan perjanjian kerjasama ini berlangsung pada hari Rabu tanggal 15 Mei 2024 di SD Negeri 16 Kwandang, yang dihadiri oleh Kepala Sekolah dan beberapa staf Dewan Guru SD Negeri 16 Kwandang, hadir juga para dosen dan perwakilan dari mahasiswa PGSD UNISAN Gorontalo Utara.

Ketua Program Studi PGSD, Idan I. Pakaya, S.Pd., M.Pd, mengungkapkan bahwa kerjasama ini merupakan bagian dari komitmen PGSD untuk terus memperkuat hubungan dengan institusi pendidikan dasar dalam rangka memberikan pengalaman praktis yang berharga bagi mahasiswa. “Kerjasama ini sangat penting bagi kami karena memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan teori yang mereka pelajari di kelas dalam situasi nyata di lapangan. Dengan demikian, mereka dapat mengembangkan kompetensi profesional dan pedagogis yang diperlukan untuk menjadi guru yang berkualitas,” ujar Idan.

Isi dari perjanjian kerjasama ini penyelenggaraan pengembangan kompetensi mahasiswa melalui pembelajaran langsung di lapangan. Dengan tujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan konsep dan teori yang telah dipelajari dalam mata kuliah secara langsung di lapangan, sehingga mereka dapat memahami hubungan antara teori dan praktik.

Dalam sambutannya, Kepala Sekolah Dasar Negri 16 Kwandang, Iswrawati Mohammad Said, S.Pd, menyampaikan antusiasme dan dukungan penuh terhadap kerjasama ini. “Kami sangat senang dapat bekerjasama dengan Program Studi PGSD UNISAN Gorontalo Utara. Kehadiran mahasiswa di sekolah kami tidak hanya akan memberikan manfaat bagi mereka, tetapi juga bagi kami sebagai lembaga pendidikan dasar. Kami berharap kerjasama ini dapat berjalan dengan baik dan memberikan dampak positif bagi kedua belah pihak,” kata Isra sapaan beliau.

Lebih lanjut, kerjasama ini juga mencakup program evaluasi dan monitoring untuk memastikan bahwa kegiatan pembelajaran lapangan berjalan sesuai dengan rencana dan tujuan yang telah ditetapkan. Prodi PGSD dan SDN 16 Kwandang akan secara rutin melakukan evaluasi bersama untuk mengidentifikasi keberhasilan dan tantangan yang dihadapi, serta mencari solusi terbaik untuk mengoptimalkan pelaksanaan program ini. Salah satu mahasiswa PGSD, Agusrianto Pattipeillohi yang hadir pada acara penandatanganan tersebut, mengungkapkan semangatnya dalam menyambut kesempatan ini. “Sebagai mahasiswa PGSD, saya sangat berterima kasih atas kesempatan yang diberikan ini. Saya yakin pengalaman langsung di lapangan akan sangat membantu saya dalam mempersiapkan diri menjadi guru yang lebih baik dan profesional,” ujar Agus.

Melalui kerjasama ini, Program Studi PGSD berharap dapat terus berkontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan dasar di Indonesia. Langkah strategis ini diharapkan dapat memperkuat kompetensi lulusan PGSD sehingga mereka siap untuk menghadapi tantangan di dunia pendidikan yang semakin kompleks.

Kerjasama ini juga merupakan bagian dari upaya PGSD untuk terus berinovasi dalam menyediakan pendidikan yang relevan dan berkualitas bagi para mahasiswa. Dengan dukungan dari berbagai pihak, PGSD optimis dapat menghasilkan lulusan yang tidak hanya memiliki pengetahuan teoritis yang kuat, tetapi juga keterampilan praktis yang mumpuni. Akhir kata, Program Studi PGSD mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam terlaksananya kerjasama ini. Semoga kerjasama ini dapat berjalan lancar dan memberikan manfaat yang besar bagi semua pihak yang terlibat.

PGSD UNISAN Gorontalo Utara dan SD Negeri 16 Kwandang Jalin Kerjasama untuk Tingkatkan Pembelajaran Lapangan MahasiswaRabu, 15 Mei 2024

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *